Jumat, 23 April 2010

PENGERTIAN, SIFAT, FUNGSI dan TUGAS KEPRAMUKAAN

A. Pengertian Gerakan Pramuka dan Pramuka

Gerakan pramuka adalah nama organisasi yang merupakan suatu wadah pendidikan kepramukaanyang dilaksanakan di Indonesia. Pramuka adalah sebutan bagi anggota gerakan pramuka yang berkedudukan sebagai peserta didik. Kata pramuka dapat pula dijabarkan sebagai Praja Muda Karana, yaitu rakyat muda yang suka berkarya.

B. Sifat Kepramukaan

  1. Nasional

Organisasi yang menyelengarakanpendidikan kepramukaan disuatu negara harus menyesuaikan pendidikannya itu dengan keadaan, kebutuhan, dan kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara tersebut.

  1. Internasional

Organisasi kepramukaan dinegara manapun harus membina dan mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antar sesama pramuka dan sesama manusia.

  1. Universal

Kepramukaan dapat dipergunakan dimana saja, untuk mendidik anak-anak dan bangsa apa saja, yang dalam pelaksanaannya selalu selaras dengan Prinsip Dasar Methodik Pendidikan Kepramukaan (PDMPK), yang telah tertulis dalam Anggaran Dasar Kepramukaan sedunia Bab IV No. 3.

Sifat-sifat tersebut dinyatakan pada Resolusi Kepramukaan dunia tahun 1924 di Kopenhagen, Denmark.

C. Fungsi dan Tujuan Kepramukaan

Dalam Anggaran Dasar Gerakan Pramuka ditetapkan bahwa gerakan Pramuka bertujuan untuk mendidik anak-anak dan pemuda-pemuda Indonesia dengan PDMPK, yang pelaksanaannya diserasikan dengan keadaan bangsa dan kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia yang berguna bagi pembangunan bangsa dan negara.

D. Tugas Pokok Kepramukaan

a. Gerakan pramuka menyelenggarakan pendidikan bagi anak dan pemuda Indonesia menuju tujuan gerakan pramuka. Sehingga dapat membentuk kader pembangunan yang berjiwa pancasila dan sanggup menyelenggarakan pembangunan masyarakat, bangsa, dan negara.

  1. Dalam melaksanakan pendidikan gerakan pramuka selalu memperbaiki keadaan, kemampuan, kebutuhan, dan minat peserta didiknya.

c. Gerakan pramuka berkewajiban menjalankan persatuan negara dan selalu berkegiatan sesuai dengan kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

d. Gerakan pramuka hidup di tengah masyarakat, oleh sebab itu harus dapat membentuk/menjadi kader pembangunan yang berguna bagi masyarakat.

e. Pramuka mendapatkan pembinaan dalam satuan gerak sesuai usia dan kegiatannya dengan mengikuti Syarat Kecakapan Umum (SKU), Syarat Kecakapan Khusus, dan pramuka garuda.

f. Sasaran pendidikan Gerakan Pramuka adalah :

1. Kuat keyakinan beragama

2. Tinggi mental dan moral, dan ber-Pancasila

3. Sehat, segar, dan kuat jasmani

4. Cerdas, tangkas, dan terampil

5. Berjiwa kepemimpinan dan patriot

6. Berpengetahuan luas dan dalam

  1. Kesadaran rasional dan peka terhadap perubahan lingkungan.
  2. Pengalaman banyak dan luas.

E. Prinsip Dasar Methodik Pendidikan Kepramukaan (PDMPK)

1. Kewajiban terhadap Tuhan dan Agama

2. Setia pada negara

3. Persahabatan dan persaudaraan sedunia

4. Penolong sesama hidup

5. Kesukarelaan

6. Non politik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar